Sunday 1 March 2015

Pengertian Dakwah



Pengertian Dakwah



1. Dakwah adalah :komunikasi  islam yang berlandaskan pada Alquran dan Hadist serta memiliki beberpa unsur seperti dai ,media (wasilah),metode(uslub),materi(maudu’)dan tujuan dakwah .
Aripudin Acep,Pengembangan Metode Dakwah ,(Jakarta, Grafindo Persada,2011)hlm 1
2. Dakwah adalah :Menyampaikan pesan islam kepada manusia di setiap waktu dan tempat dengan metode metode dan media media yang sesuai dengan situasi kondisi sasaran (mad’u).
Ahmad Ghalwusy ,Alda’wah al Islamiah (Kairo ,dar Alkitab Al mishr 1987)hal 10-11
3    Dakwah adalah :Tegaknya ulama’ dan orang orang yang di sinari ilmu dengan memberi                                                                                 kepada orang banyak apa yang dilihatnya tentang persoalan persoalan terkini maupun    dikemudian hari sesuai kemampuan.
Abubakar Zakariya ,Aldakwah ila Al Isalam (Mesir :Maktabah wahbah,tt),hal 8
 4.   Dakwah adalah :Ajakan kepada manusia untuk iman ,islam dan ihsan
Abdullah Alharsani ,Manhaj ibn Taymiyah fi Al da’wah (Beirut : Dar uli Al Nuha ,1997), JILID 1                 hall 50
5 .    Dakwah adalah : Ajakan kepada Allah yaitu Agama Islam
Abdul karim Zaidan ,Ushul al Da’wah,(Baghdad: Maktabah Almanar Al islamiyah 1976)hal 5
Nama :Rahmat andi saputra (13
6. Dakwah secara etimologi/bahasa adalah kata dakwah berasal dari bahasa arab yaitu da’a-yad’u da’wa’watan,artinya mengajak,menyeru,memanggil
  Samsul munir amin,Ilmu Dakwah,(Jakarta,AMZAH,2009),hal 1
7. Dakwah menurut Warson munswwir menyebutkan bahwa dakwah artinya adalah: memanggil (to call),mengundang(to invite),mengajak(to summon)menyuruh(to propos),mendorong(to urge)dan memohon(to pray).
  Siti muriah,Metode Dakwah Kontemporer(Yogyakarta:mitra pustaka,2000),hal 1


Nama : Alfiyatur rofikoh (131311011)
8 .Dakwah adalah usaha yang mengarah untuk memperbaiki suasana kehidupan yang lebih baik dan layak,sesuai dangan kehendak dan tuntutan kebenaran.pendapat ini dapat dikatakan dakwah bukan hanya milik suatu komonitas agama tetami milik semua komonitas yang ada untuk menciptakan kehidupan yang damai.
 Khusniati Rofiah,Dakwah Jamaah Tabligh,(ponorogo:STAIN ponorogo press,2010)hal 23
9. Dakwah menurut Arifuddin cawidu adalah sebagai upaya mengajak atau menyeru manusia kepada kebaikan dan kebenaran serta mencegah dari kekejihan,kemungkaran,kemaslahatan dan kebahagiaan  dunia akhirat.
Khusniati Rofiah,Dakwah Jamaah Tabligh,(ponorogo:STAIN ponorogo press,2010)hal 23















Ayat Ayat Dakwah
Q.S Annahl: 125
ادْعُ إِلَى سَبِيلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ إِنَّ رَبَّكَ هُوَ أَعْلَمُ بِمَنْ ضَلَّ عَنْ سَبِيلِهِ وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ
125. Serulah kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.

Q.S Al Imron : 104
وَلْتَكُنْ مِنْكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَأُولَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ
104. Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung.

Q.S Al Maidah : 2
وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى وَلا تَعَاوَنُوا عَلَى الإثْمِ وَالْعُدْوَانِ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ شَدِ

2. Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu melanggar syi'ar-syi'ar Allah, dan jangan melanggar



No comments:

Post a Comment